Tuesday, 20 July 2010

MANAJEMEN MUTU SECARA PRAKTIS

MANAJEMEN MUTU SECARA PRAKTIS

I. PENDAHULUAN

1.1 Essay yang saya buat ini akan membahas mengenai manajemen mutu secara praktis dengan artian bahwa Manajemen mutu merupakan proses perbaikan secara terus menerus atau berkesinambungan. Dan TQM berperan penting dalam suksesnya pelaksanaan implementasi manajemen mutu.

Sumber : smanraja.blogspot.com
1.2 Manajemen mutu merupakan suatu filsafat dan metodologi yang membantu berbagai institusi dalam mengelola perubahan dan menyusun agenda masing-masing untuk menanggapi tekanan-tekanan faktor eksternal.
Sumber : smanraja.blogspot.com

1.3 Manajemen mutu merupakan sebuah metoda yang dibuat untuk memperbaiki kekurangan terhadap nilai mutu yang terdapat pada sebuah ruang lingkup organisasi atau perusahaan dengan menggunakan program Total Quality Management (TQM) yang mengutamakan kepuasan pelanggan, perbaikan berkesinambungan.

II. METODE PENULISAN
Adapun metode penulisan yang digunakan oleh penulis adalah metode essay dan mencari sumber- sumber yang relevan terhadap judul yang penulis angkat melalui melalui internet.
III. PEMBAHASAN
3.1 TQM (TOTAL QUALITY MANAGEMENT)
Total Quality Management (TQM) ialah continous improvement (perbaikan terus- menerus) dan Quality improvement ( Perbaikan Mutu ). Manajemen mutu merupakan salah satu strategi manajemen untuk menjawab tantangan external suatu organisasi guna memenuhi kepuasan pelanggan.
Sumber : www.dhanay.co.cc
3.1.1 TQM (Total Quality Management) adalah suatu cara penerapan dari sistem manajemen yang berorientasi pada kepuasan pelanggan (customer satisfaction) melalui perbaikan berkesinambungan dan memotivasi karyawan atau orang pada perusahaan atau organisasi.

3.2 PRINSIP – PRINSIP TQM (TOTAL QUALITY MANAGEMENT)

3.2.1 Kepuasan Konsumen :
a.> Supaya kepuasan konsumen dapat terlaksana maka sebuah perusahaan harus melakukan observasi terhadap pasar yang dimana akan muncul.

Sumber : www.damandiri.or.id
b.> Sebuah strategi yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas dari produk yang kita buat yang menyebabkan complain, dengan cara melakukan survey atau membuka kotak saran bagi konsumen agar complain bias dievaluasi dan menjadi masukan bagi perusahaan dalam membaca strategi pasar / keinginan yang diharapkan dari produk yang ditawarkan kepada konsumen.

3.2.2 Keterlibatan Karyawan :
a.> Serupa dengan pemberdayaan SDM (Sumber daya manusia) yaitu dengan cara melakukan pelatihan, sumbang saran, penilaian bagi kelompok kerja aktif.
Sumber : www.damandiri.or.id

b.> Langkah yang digunakan guna memperbaiki sumber daya manusia dengan menglakukan komunikasi 2 arah (top down) berdasar jalur koordinasi yang telah disepakati dan memberikan apresiasi, semangat bagi karyawan yang memiliki totalitas & loyalitas terhadap jobdesk dan perusahaan.

3.2.3 Perbaikan Berkelanjutan :
a.> Pengukuran yang sistimetis dan fokus pada biaya non kualitas (cost of non- quality); kelompok kerja yang tangguh; manajemen proses lintas fungsional; mencapai, memelihara, dan meningkatkan standart.
Sumber : www.damandiri.or.id

b.> Mengadakan forum serta evaluasi secara rutin berdasarkan dengan dateline yang telah disepakati bersama yang bertujuan untuk menghilangkan kekurangan yang diakibatkan oleh miss communication antar karyawan.

2.3.4 Manajemen Berdasarkan Fakta :
a.> Setiap keputusan harus berdasarkan data yang ada, bukan berdasarkan perasaan.

Sumber : www.pdambandamandiri.com
b.> Sebelum pengambilan keputusan harus melakukan evaluasi terlebih dahulu mengenai data yang didapat di lapangan, dan dengan adanya rapat atau evaluasi antar setiap pihak yang terkait tidak akan terjadi pengambilan keputusan secara satu pihak yang dapat merugikan pihak perusahaan.

IV. PENUTUP

4.1 SIMPULAN

Dari pembahasan di atas, dapat ditarik kesimpulan, antara lain :

4.1.1 Bahwa TQM (Total quality management) merupakan hal yang berperan penting dalam perbaikan suatu nilai mutu pada organisasi atau perusahaan serta berfungsi untuk mensukseskannya pelaksanaan implementasi manajemen mutu.dengan berfokus kepada 4 buah prinsip TQM yaitu, kepuasan pelanggan, pemberdayaan karyawan, manajemen berdasarkan fakta, dan perbaikan secara berkesinambungan.
4.1.2 Manajemen mutu merupakan sebuah analisis yang digunakan sebagai wadah / metoda untuk evaluasi atau perbaikan secara terus menerus dan berkesinambungan.

V. DAFTAR PUSTAKA

smanraja.blogspot.com

www.dhanay.co.cc

www.damandiri.or.id





















NAMA : ALDILA FITRA AFIF
KELAS : 2 TI – 1
NRP : 6308382

No comments:

Post a Comment